pola makan diabetes

Hai sobat sehat!

Bagi penderita diabetes, pola makan sangat harus dijaga. Karena jika pola makan yang salahseperti terlalu banyak mengonsumsi yang mengandung gula tinggi akan sangat berbahaya bagi tubuh. Seseorang dikatakan menderita penyakit diabetes bila kadar gula darahnya berkisar ≥126 mg/dL pada saat kondisi puasa, dan ≥200 mg/dL saat sedang tidak puasa. Penyakit diabetes ini juga dapat menyerang atau menyebabkan berbagai macam penyakit lainnya, seperti penyakit jantung, gangguan pada mata, penyakit ginjal dan juga penyakit pada saraf. Indonesia menduduki peringkat 6 di dunia pada tahun 2017 sebagai negara dengan jumlah penderita penyakit diabetes tertinggi di dunia, dan jumlah ini akan terus meningkat bila tidak ada kesadaran dari dini untuk mengatur pola makan yang tepat.

Ada 3 cara mengatur pola makan untuk penderita diabetes. Yaitu :

Jumlah Asupan Makanan yang Dikonsumsi

Jumlah asupan makanan yang dikonsumsi bisa dikatakan adalah jumlah kalori yang dikonsumsi. Jumlah kalori yang tepat adalah berkisar 25-30 kalori per-kilogram berat badan. Misalkan mempunyai berat badan berkisar 60 kilogram, berarti kalori yang tepat dikonsumsi berkisar 1.500-1.800 dalam sehari.

Tapi, untuk penderita diabetes dianjurkan untuk mengurangi kalori untuk dikonsumsi sampai 500 kalori per hari. Mengapa? Karena penderita diabetes juga mengalami obesitas, dan sangat dianjurkan juga untuk menurunkan berat badan, agar tidak menimbulkan komplikasi penyakit lainnya.

Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Bagi penderita diabetes sangat perlu mengetahui jenis makanan seperti apa yang baik dikonsumsi dan juga dihindari.

Seperti pada karbohidrat, jumlah porsi yang dianjurkan berkisar 45-65% dari total kalori yang dikonsumsi per-hari. Sangat disarankan untuk memilih karbohidrat komplek, seperti buah, gandum, sayuran, jagung, dan kacang-kacangan. Dan juga hindari konsumsi karbohidrat yang sederhana, seperti permen, jus buah, produk olahan dari tepung (kue kering atau kue basah), serta gula pasir. Pada gula pasir masih bisa dikonsumsi sekitar kurang lebuh 4 sendok teh per-hari atau 5%  dari total kalori.

Dan juga cukupi kebutuhan serat dan lemak juga. Serta kurangi makanan yang berkolestrol tinggi seperti yang terdapat pada jeroan, kulit ayam, makanan yang digoreng dan lainnya. Agar tidak terjadi komplikasi penyakit lainnya.

Jadwal Makan

Setelah jumlah dan jenis makanan dapat dicukupi. Jadwal makan juga sangat harus dijaga bagi penderita diabetes, agar gula darah dapat berada dalam keadaan stabil. Seperti yang dianjurkan oleh dokter gizi. Penderita diabetes sangat dianjurkan untuk makan besar 3 kali dalam sehari, serta makan kecil 2-3 sehari. Dan jarak makan besar dan makan kecil berkisar 2-3 jam.

Mungkin itulah beberapa cara mengatur pola makan bagi penderita diabetes. Mulailah dari sekarang untuk menjaga pola makan yang tepat, agar sehat mulai dari sekarang hingga tua nanti ya sobat sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *