Hai sobat sehat!

Nanas adalah salah satu buah yang memiliki sejumlah nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, seperti vitamin, mineral, antioksidan dan banyak lainnya. Manfaat yang didapat jika mengonsumsi buah nanas adalah salah satunya sangat bermanfaat untuk otot, dengan asam amino yang tinggi juga dapat membantu otot dalam mencegah peradangan, dan juga sangat baik untuk kulit dan juga rambut. Namun dari banyaknya manfaat yang didapat dari buah nanas, terdapat pula efek samping jika terlalu banyak mengonsumsi buah nanas ini.

EFEK SAMPING MENGONSUMSI BUAH NANAS BERLEBIHAN

Berikut saya rangkum 7 masalah yang didapat jika berlebihan mengkonsumsi buah nanas, diantaranya :

1. Menyebabkan Masalah Pencernaan

Pada buah nanas terdapat kandungan vitamin C yang tinggi yang sangat bermanfaat untuk tubuh, namun jika terlalu banyak vitamin C pada tubuh dapat menimbulkan masalah dan efek lain dari tubuh, seperti muntah, diare, sakit perut dan masalah lainnya.

2. Meningkatkan Gula Darah

Buah nanas sangat baik untuk penderita diabetes,karena dapat membantu mengatur gula darah dalam tubuh. Namun, di dalam buah nanas terkandung banyak gula alami seperti fruktosa dan sukrosa. Walaupun bersifat sederhana, namun tidak bagus bila dikonsumsi berlebihan bagi penderita diabetes, dan dianjurkan untuk membatasi dalam mengonsumsi buah nanas.

3. Infeksi Tenggorokan

Pada buah nanas muda terdapat vitamin C yang sangat tinggi dan kandungan asam yang tinggi, kandungan asam yang tinggi ini dapat membuat produksi lendir pada tenggorokanmu menjadi berlebihan dan dapat merasaka radang dan gatal pada tenggoroka. Jadi disarankan untuk mengonsumsi buah nanas yang sudah matang untuk menjaga kesehtan tenggorokanmu.

4. Tidak Cocok Bagi Penderita Alergi Serbuk sari

Bagi penderita serbuk sari dan jug adebu sangat disarankan untuk berhati-hati dalam mengonsumsi buah nanas. Jika setelah mengonsumsi buah nanas terasa seperti sesak atau gatal di tenggoroka, bibir dan lidah yang terasa gatal dan bengkak, maka berhentilah mengonsumsi buah nanas untuk mencegah hal buruk lainnya terjadi.

5. Mempengaruhi Tekanan Darah

Terdapat kandungan potasium yang tinggi pada buah nanas, yang juga funsinya untuk membantu mengatur tekanan darah. Namun jika kamu sudah mengonsumsi obat-obatan untuk menurunkan hipertensi atau darah tinggi. Maka jangan kamu kombinasikan dengan buah nanas, karena dapat menurunkan keefektifan dan menurunkan tekanan darah tinggi dan bahkan sampai ke tingkat yang paling rendah.

6. Menyebabkan Reaksi Alergi

Buah Nanas memang sangat baik untuk kesehatan, namun ada beberapa orang yang tidak cocok dalam mengonsumsi buah nanas dan menyebabkan reaksi alergi seperti bibir dan lidah terasa gatal dan juga bengkak, serta terasa tidak nyaman pada tenggorokan. Reaksi ini didapat pada suatu enzim pada buah nanas. Untuk mengurangi atau mengatasi masalah tersebut ada baiknya cuci irisan buah nanas dengan air garam terlebih dahulu untuk menghilangkan enzim yang menyebabkan reaksi alergi dan dapat menikmati buah nanas tanpa perlu khawatir dengan reaksi alerginya.

7. Menyebabkan Resiko Keguguran

Pada  buah nanas muda sangat memberikan efek buruk bagi ibu hamil dan bayinya dalam kandungan. Pada nanas terdapat banyak enzim, yang salah satunya dapat meningkatkan kontraksi rahim pada tahap awal kehamilan dan sangat beresiko dapat menyebabkan keguguran.

Terlepas dari banyaknya efek yang didapt jika berlebihan konsumsi nanas. Namun ketahuilah banyak juga manfaat yang didapat dengan mengonsumsi buah nanas, hanya saja jangan berlebihan mengonsumsinya, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan ya sobat sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *