makanan penyebab darah tingi

Hai sobat sehat!

Darah tinggi atau biasa disebut hipertensi adalah salah satu kondisi dimana tekanan darah pada arteri meningkat, yang dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk menyalurkan darah melewati pembuluh darah. Darah tinggi inilah yang dapat menyebabkan datangnya beberapa penyakit seperti, penyakit jantung dan stroke.

Darah tinggi bukan hanya dari faktor genetik, namun juga gaya hidup yang salah dan pola makan yang salah juga dapat menyebabkan darah tinggi. Tekanan darah yang normal biasanya berkisar 120/80 mmHg, dan bagi penderita darah tinggi biasanya mencapai 140/90 mmHg.

Salah satu penyebab darah tinggi yang paling serius adalah ada pada faktor makanan. Lalu apa saja makanan yang menjadi penyebab darah tinggi?

MAKANAN PENYEBAB DARAH TINGGI

Disini saya rangkum 7 makanan penyebab darah tinggi, diantaranya :

1. Makanan yang Mengandung Garam yang Tinggi

Pada garam mengandung kalium dan natrium yang tinggi, yang fungsinya adalah mudah menyerap air. Bila mengonsumsinya berlebihan dapat membuat ginjal bekerja lebih keras, yang salah satu fungsi ginjal adalah menyaring darah. Dengan mengonsumsi garam secara berlebihan dapat membuat tekanan darahmu menjadi meningkat.

2. Daging Merah

Pada daging, terutama pada daging merah biasanya mengandung lemak yang tinggi dan juga pengolahan yang salah juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi meningkat. Dan juga pengolahan daging merah yang biasanya dipanggang atau dibuat steak, biasanya sebelum dipanggang memakai garam yang lumayan banyak agar dapat cepat menyerapa air dan juga seperti poin no 1 diatas tadi, terlalu banyak mengonsumsi garam dapat membuat tekanan darah meningkat.

3. Kopi dan yang Mengandung Kafein Tinggi Lainnya

Kopi atau minuman dan makanan yang mengandung kafein lainnya biasanya bekerja untuk membuat jantung bekerja lebih ekstra agar dapat mempertahankan kondisi tubuh. Dan akibat yang didapat adalah jantung memompa darah lebih cepat dari biasanya dan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi meningkat.

4. Makanan yang Mengandung Margarin

Makanan yang mengandung margarin dapat menyebabkan tekanan pada darah meningkat, karena pada margarin terdapat kandungan lemak yang cukup tinggi.

5. Kulit Ayam

Kulit ayam mungkin menjadi makanan yang sangat disukai oleh banyak orang, karena rasanya yang gurih. Namun tanpa disadari kulit ayam adalah salah satu penyebab tekanan darah meningkat. Dikarenakan pada kulit ayam mengandung kolestrol dan kandungan lemak yang tinggi.

6. Makanan yang Mengandung Gula yang Tinggi

Makanan yang mengandung gula yang tinggi dapat menyebabkan darah tinggi. Karena pada gula dapat memicu disfungsi metabolisme yang dapat membuat tekanan darah meningkat. Dan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gula yang tinggi juga dapat menyebabkan obesitas dan menyebabkan terkena tekanan darah tinggi atau hipetensi menjadi meningkat.

7. Makanan Hasil proses atau Siap Saji

Makanan hasil proses atau siap saji biasanya mengandung sodium yang tinggi, yang jika berlebihan dikonsumsi dapat menyebab tekanan darah menjadi meningkat. Maka dari itu bila ingin membeli makanan hasil proses atau siap saji agar melihat dulu label bahannya agar aman bagi kesehatan dan tidak menyebabkan tekanan darah meningkat.

Itulah 7 makanan yang dapat menyebabkan darah tinggi atau hipertensi. Seringlah mengecek tekanan darahmu minimal seminggu sekali untuk mengetahui tekanan darahmu. Dan bila terlalu tinggi, hindarilah makanan seperti 7 makanan diatas, dan mulailah berolahraga. Karena dengan olahraga bukan hanya dapat membuat aliran darah menjadi normal, namun juga dapat menyehatkan tubuh dan mencegah datangnya berbagai penyakit ya sobat sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *