manfaat makan jengkol

Hai sobat sehat!

Jengkol merupakan termasuk dalam salah satu makanan yang sangat sering dikonsumsi masyarakat indonesia, dan jengkol juga cocok diolah menjadi beragam makanan apapun, contohnya seperti keripiki jengkol, semur jengkol, rendang jengkol, balado jengkol, jengkol rica-rica, dan berbagai olahan lainnya.

Namun, banyak juga yang tidak menyukai jengkol. Apa alasannya? salah satu alasannya adalah efek bau yang ditimbulkan setelah makan jengkol, seperti bau mulut dan juga saat buang air kecil juga, dan hal ini juga membuat sebagian orang tidak menyukai jengkol. Padahal kandungan gizi pada jengkol termasuk bagus bagi tubuh.

KANDUNGAN GIZI PADA JENGKOL :

Porsi Jengkol      : 100 gram

Energi                   : 151 kkal

Lemak                  : 0,5 gram

Protein                 : 14,26 gram

Karbohidrat         : 23,54 gram

Serat                     : 4,2 gram

Gula                      : 2,71 gram

Sodium                :  19 mg

Kalium                 : 437 mg

Dan juga vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

MANFAAT MAKAN JENGKOL UNTUK KESEHATAN :

Jadi disini saya juga merangkum 5 manfaat makan jengkol untuk kesehatan, diantaranya :

1. Mengatasi Masalah Sembelit

Kandungan serat pada jengkol sangat membantu dalam permasalahan sembelit, salah satu fungsi serat bukan hanya dapat membuat tubuh menjadi kenyang lebih lama, namun juga dapat melancarkan dalam buang air besar. Namun jangan terlalu banyak makan jengkol juga karena sesuatu yang berlebihan juga dapat memperburuk kesehatan juga.

2. Memperkuat Tulang dan Gigi

Pada jengkol juga terdapat kandungan kalsium dan juga fosfor yang tinggi. Pada tulang dan gigi sangat membutuhkan kedua kandungan tersebut, yang fungsinya dapat menjaga tulang dan gigi menjadi lebih kokoh dan mencegah pengeroposan.

3. Mencegah Diabetes

Salah satu manfaat makan jengkol adalah dapat mencegah diabetes. Karena jengkol dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan jengkol. Hal ini dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes. Dan juga jengkol dapat mengendalikan gula darah bagi penderita diabetes.

4. Mencegah Penyakit Anemia

Kandungan zat besi pada jengkol sangat berpengaruh dalam mencegah anemia, makan jengkol dapat mengatasi kekurangan produksi sel dalam merah dalam tubuh. Kekurangan zat besi dapat mengurangi produski oksigen pada sel darah merah, yang membuat tubuh mudah lelah dan juga pusing. Maka dari itu dengan makan jengkol dapat mencegah dan memulihkanmu dari anemia.

5. Dapat Mencegah Berbagai Masalah Penyakit Kronis

Jengkol dapat mencegah berbagai masalah penyakit kronis pada tubuh, dikarenakan pada jengkol terdapat kandungan antioksidan yang tinggi. Salah satu fungsi antioksidan bagi tubuh adalah dapat mencegah pertumbuhan kangker dan juga melawan radikal bebas yang menyerang tubuh.

Jadi, apa kamu masih tidak mau makan jengkol setelah tau manfaatnya? Namun, saran saya dalam mengonsumsi jengkol juga jangan terlalu berlebihan, karena sesuatu yang dikonsumsi berlebihan itu tidak baik ya sobat sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *