Hai Sobat Sehat!

Jengkol merupakan salah satu makanan yang sangat disukai atau tergolong favorit di indonesia ini. Walaupun memiliki aroma bau yang sangat menyengat, jengkol tetap menjagi primadona bagi masyarakat indonesia. Kenikmatannya terlebih jika diolah menjadi jengkol semur, jengkol rendang, jengkol balado dan olahan jengkol lainnya.

Namun dibalik kenikmatannya itu terdapat salah satu penyakit berbahaya jika terlalu banyak mengonsumsinya. Yaitu, salah satunya adalah asam urat.

Asam urat adalah salah satu penyakit yang bisa didapat jika terlalu berlebihan makan jengkol. Dikarenakan pada jengkol dapat membuat pengkristalan asam urat lebih banyak pada sendi yang dapat membuat asam urat menjadi lebih parah bagi para penderitanya.

Dan juga salah satu penyakit yang juga dapat menyerang jika terlalu berlebihan makan jengkol adalah penyakit gagal ginjal. Penyakit gagal ginjal bila sudah akut biasanya merasakan gejala seperti mual, muntah, hematuria (darah dalam urin) dan juga nyeri pinggang bilateral. Dan menurut penelitian makan jengkol berlebihan dapat menyebabkan masalah pada kesehatan dan juga dapat membuat gagal ginjal akut. Dan juga jengkol mengandung asam amino yang tidak biasa pada tubuh yang dapat membentuk seperti kristal tajam pada kandung kemih yang dapat menyebabkan berbagai masalah seperti rasa sakit dan juga hematuria.

Dan penyakit rematik juga dapat menghantui para pecinta jengkol jika terlalu banyak mengonsumsinya, penyakit rematik ini hampir sama seperti asam urat yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, dan bagi yang mempunyai penyakit rematik disarankan untuk tidak mengonsumsi jengkol, atau jika pun ingin mengonsumsi jangan terlalu banyak, ini juga bermaksud untuk menjaga kesehatan pada tubuh kini dan nanti.

Jadi, bagi kamu yang memang ada riwayat seperti asam urat, rematik dan juga gejala gagal ginjal sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi atau mengurangi makan jengkol untuk kesehatan. Memang sulit dijadikan pantangan bagi yang sudah sangat sering makan jengkol, namun jika niat menjaga kesehatan kini dan nanti maka harus dilakukan walaupun terasa berat ya sobat sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *